Bisnis:Peluang Usaha Jualan Oleh-Oleh

Peluang usahaoleh oleh” ternyata jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik akan mempunyai keuntungan yang tidak bisa diremehkan. Bermula tadi pagi ketika penulis bertemu dengan kawan yang memang usaha jualan grosiran cemilan mulai dari kacang, emping, kerupuk , hingga kue kering yang ternyata marketnya adalah toko toko yang menjajakan “oleh oleh” yang dijual kawan saya tersebut.

Dari ceritanya, memang ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang cukup baik jika kita bisa memanfaatkannya. Coba bayangkan saja, toko penjual oleh oleh membeli di kawan saya misalnya harga Rp.2.500 begitu sudah sampai toko dia kemas sedemikian rupa dengan bungkus plastik yang menarik dan dengan merek sendiri maka bisa dijual hingga harga Rp.13.000. Sangat menarik ternyata peluang usaha ini. Lalu apakah cocok buat Anda ? ya tergantung, lihatlah lokasi anda dan juga minat serta keuletan anda juga nantinya.

Peluang usaha ini bisa dilakukan oleh siapa saja, namun perlu diingat bahwa setidaknya ada beberapa cara dan tips supaya kita bisa menjalaninya dengan fokus dan lebih mudah. Apakah itu ? saya juga tidak konsen di bisnis ini namun dari pembicaraan saya tadi dengan kawan, ternyata memang ada beberapa hal yang perlu diketahui jika ingin memanfaatkan peluang usaha tersebut.

Yang pertama mungkin memang minat dan bakat, jiwa seseorang yang ingin terjun ke dunia bisnis perdagangan, ”minat dan bakat” menjadi salah satu hal yang mutlak diperlukan, namun jika minat anda masih 50% untuk menjalankan usaha ini, maka tidak ada salahnya dicoba terlebih dahulu jika untung maka minat anda kan bisa menjadi 200% nantinya hehehe …. Jika tidak mencoba mana tahu untung atau rugi iya ga ?.

Lalu yang kedua memang harus ada strategi pemasaran yang cukup bagus karena mempertimbangkan modal anda yang mungkin minim untuk menyewa sebuah ruko/warung di daerah yang strategis. Jika memungkinkan coba sewalah ruko/warung di pinggir lokasi pasar tradisional, karena ini bisa menjadi salah satu strategi marketing yang cukup bagus. Lalu lalang banyak orang setiap harinya dan usahakan mereka bisa melihat semua barang dagangan anda dengan jelas. Namun apabila anda belum cukup memiliki modal untuk menyewa ruko, anda tetap bisa menjalankan peluang usaha ini dengan mendirikan warung kaki lima di daerah pasar juga namun silahkan didesain sedemikian rupa seupaya semua dagangan bisa terlihat menarik dan terlihat seperti grosiran.

Silahkan belanja di tepat grosir/produsennya secara langsung karena akan mendapatkan harga yang lebih miring nantinya. Hal ini perlu anda pertimbangakan jika memang anda sebagai distibutor atau tempat grosir. Namun jika anda menjadi penjual eceran langsung maka ada hal yang agak berbeda.

Jika anda memanfaatkan peluang usaha ini dan menjadi pengecernya langsung, maka carilah lokasi tempat wisata, karena disana pusatnya orang yang kana membeli oleh oleh. Tentu saja kemasan sebisa mungkin diberi nama merk anda sendiri, pesanlah kantong plastik dengan cap/sablon merek dagang anda sendiri, walaupn dagangan anda hanya sekedar kerupuk, emping, pangsit dan kue kue kering lainnya.

Mungkin saya tidak berpanjang lebar membahas mengenai peluang usaha ini, yang perlu saya sampaikan lagi bahwa keuntungan yang didapat bisa mencapai 200%-300% dari harga beli anda ke produsen. Silahkan memanfaatkan peluang usaha ini jika memungkinkan.