Daftar BPR Seluruh Indonesia

Apa yang membuat saya memilih untuk menabung di BPR?
Ini jawabannya:
1. BPR memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Bank-Bank besar.
BPR memberikan bunga tabungan antara 4-8% per tahun. Bandingkan dengan Bank besar yang memberikan bunga 0-3% per tahun. Jika Anda tidak percaya silahkan Anda googling dan mencari tahu.
2. Biaya Administrasi di BPR sangat rendah, bahkan gratis.
Seperti BPR tempat saya menabung, tidak ada biaya administrasi bulanan sama sekali. Hal ini sangat menguntungkan kita, jadi uang yang kita tabung akan terus bertambah tanpa ada potongan kecuali potongan pajak (ini memang kewajiban kita sebagai WNI). Lain halnya jika di Bank besar, jika saldo tabungan kita kecil, justru biaya administrasi yang harus dikeluarkan jauh lebih besar dibandingkan dengan bunga tabungan yang kita dapat. Jadi jika kita biarkan saja tanpa ada tambahan saldo sama sekali, maka saldo tabungan kita justru akan berkurang.
3. Saldo minimum sangat rendah dan setoran selanjutnya kecil.
Rata-rata besarnya saldo minimum pembukaan rekening di BPR adalah Rp. 20.000,- sangat jauh dibandingkan dengan Bank Besar yang rata-rata untuk pembukaan rekening pertama adalah Rp. 500.000,-. Untuk setoran selanjutnya juga relatif kecil, minimal hanya Rp. 10.000,-, di Bank besar biasanya minimal Rp. 50.000,-.
4. Setoran tabungan dapat menggunakan uang kecil atau uang receh.
Sebenarnya saya baru tahu mengenai hal ini dari website Bank Indonesia. Ini sangat menarik bukan? Dengan demikian kita bisa mengajarkan ke anak kita untuk sedini mungkin menabung sebagian dari uang sakunya. Nanti setelah terkumpul, misalnya saja 1 bulan sekali kita ajak anak kita ke BPR untuk menyetor tabungan. Pasti anak-anak kita akan sangat senang melihat rekening tabungannya bertambah tiap bulannya dan ini akan menjadikannya semakin rajin menabung.
5. Tabungan BPR dapat dijadikan agunan kredit.
Saran saya untuk yang satu ini sebisa mungkin dihindari. Tapi jika memang keadaan mendesak, kita dapat menggunakan tabungan kita sebagai agunan kredit di BPR.
6. Tidak ada fasilitas kartu ATM.
Mungkin bagi kebanyakan orang hal ini justru menjadi kekurangan, tapi bagi saya ini adalah kelebihan. Kenapa? Karena tanpa ATM kita tidak akan seenaknya mengambil uang tabungan. Ini sangat menguntungkan, tabungan kita akan tetap utuh dan semakin bertambah. Kalau kita membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, kita bisa mengambil dengan datang langsung ke BPR dengan membawa buku tabungan dan KTP untuk mengambil dana.
7. Dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).
Jadi kenapa harus takut menabung di BPR? Jika terjadi sesuatu, uang kita tetap aman karena telah dijamin.
8. Lokasi BPR tersebar hingga ke Desa.
Jadi untuk Anda yang berdomisili di Desa, tidak perlu khawatir harus jauh-jauh ke kota untuk menabung. Datang saja ke BPR terdekat.
Jadi kesimpulannya adalah, menabung di BPR sangat menguntungkan dan kita bisa memanfaatkan BPR sebagai pilihan untuk berinvestasi. Jadi tunggu apa lagi, segera buka tabungan di BPR terdekat di kota Anda.
Jika Anda menabung di BPR pastikan hal-hal berikut:
• Periksalah selalu saldo tabungan baik saat menyetor maupun menarik tabungan.
• Pastikan transaksi (setoran dan atau penarikan) telah tecetak dalam buku tabungan. Ini hanya untuk memastikan saldo yang tercetak benar, karena kita tidak bisa melihat saldo tabungan BPR melalui e-bangking. Jadi yang dijadikan patokan adalah buku tabungan.
• Simpan bukti setoran tabungan, jadi jika suatu saat terjadi perbedaan saldo antara database BPR dengan buku tabungan, kita bisa memberikan slip setoran ini sebagai bukti.