Hidangan Kuliner: Makanan Sate Lezat

Menu sehat kaya manfaat ini disamping lezat juga dapat membuka peluang usaha bagi Anda. Tertarik?

Jika Anda penyuka kuliner tradisional Indonesia, tentu Anda akrab dengan sate. Ada sate daging kambing, ayam, sapi,dan kuda. Namun, pernahkan Anda mendengar tentang kelezatan sate jamur? Selain sedap, sate jamur memiliki manfaat besar untuk tubuh dan diyakini tak banyak menimbulkan penyakit.

Dari sekian banyak kuliner yang ditawarkan oleh jamur, maka sate jamur adalah kuliner andalan yang dapat membuka peluang wirausaha cukup menjanjikan bagi Anda. Jenis jamur yang dapat Anda pilih sebagai bahan baku utama, adalah jamur tiram dan jamur hioko. Masing- masing jamur tersebut memiliki keunggulan, misalnya jamur tiram yang memiliki daging putih, kenyal, dan bertekstur mirip dengan daging ayam. Jamur hioko malah memiliki warna kecoklatan, tebal, kenyal, dan mirip daging sapi.

Arbani adalah salah satu pengusaha kuliner sate jamur yang sukses di Kediri. Mulai merintis usaha dengan menaiki vespa Arabani menjajakan sate jamur tiramnya ke pelbagai daerah selama setahun. Tahun kedua di sudah mempunyai kedai sate jamur. peluang wirausaha sate jamur ini dia dapatkan ketika hasil budidaya jamur tiram yang ia kelola kesulitan dalam meningkatkan pemasaran. Akhirnya Arbani banting setir menjual sate jamur keliling.

Sate jamurnya ini diminati oleh para pegawai kantoran, vegetarian, dan orang-orang yang memerlukan diet khusus. Untuk menyiapkan sate jamur, Arbani mengaku membumbui sate jamurnya dengan bumbu khusus sebelum merebusnya,kemudian jamur akan dipotong,ditusuk, dan dibakar jika sudah ada pesanan.

Ternyata menu sate jamur tiram andalannya ini membuat banyak orang tertarik. Terbukti, para penyuka sate daging lainnya beralih mengkonsumsi sate jamur tiram hasil racikan Arbani yang dijual dengan harga Rp 5000. Kalau di awal mengembangkan peluang wirausaha sate jamur ini Arbani hanya menghabiskan 1 kg jamur per hari, kini ia mampu menghabiskan minimal 7 kg jamur setiap harinya.

Peluang wirausaha sate jamur ini pun rupanya ditangkap pula oleh Amelia, pemilik rumah makan Maryati di Purwokerto. Namun, bahan baku utama yang dipilihnya adalah jamur hioko. Kelezatan yang ditawarkan sate jamur hioko ini mirip dengan sate daging, meski demikian rasa khas jamur masih tetap terasa dan memberi sensasi kenyal yang lesat.

Amelia memadukan bumbu kacang dan bumbu sate rahasia pada sate jamur olahannya. Peluang wirausaha yang ia kembangkan ini terbukti membuahkan hasil maksimal, dengan harga penjualan Rp 15 ribu untuk setiap sepuluh tusuk sate jamur hioko, rumah makan miliknya selalu ramai dari pukul 07.30 sampai pukul 21.00 wib. Rumah makannya ini juga melayani deliveri order, maupun pesanan sate jamur untuk acara- acara tertentu.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan peluang wirausaha sate jamur tiram serta sate jamur hioko ini, Anda dapat mencoba melakukan trial dengan menu sate jamur berikut.

BAHAN:

150 gr jamur tiram,atau jamu hioko potong-potong

8 buah tusuk sate

BUMBU KACANG:

60 gr kacang tanah goreng lalu haluskan

4 siung bawang merah, haluskan

2 siung bawang putih, haluskan

4 buah cabe merah, haluskan

4 sdm gula merah, sisir

1/4 sdt garam

4 sdm minyak goreng

PELENGKAP:

Irisan halus ketimun, kol

Irisan tomat merah

Tahuran bawang putih goreng

CARA MEMBUAT:

SATE JAMUR

1. Tusukkan potongan jamur ketusuk sate dengan hati- hati jangan sampai patah, kerjakan hingga selesai

2. Siapkan alat bakaran, bakar sate hingga berubah warna menjadi kecoklatan, jangan sampai gosong kemudian angkat, sisihkan.

BUMBU KACANG

1. Siapkan penggorengan. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga matang dan harum.

2. Masukkan cabe merah, kacang tanah yang telah dihaluskan, gula merah, garam dan air. Masak hingga bumbu matang dan mengental, angkat. sisihkan.

Letakkan irisan kol dan tomat di pinggir piring, letakkan sate jamur lalu siram dengan bumbu kacang.Taburi dengan bawang putih goreng yang telah diiris kecil- kecil. Sajikan selangi hangat.