Kompenen Utama Dalam Lapoan

Laporan-:Seperti makalah dan kebanyakan dokumen tertulis, laporan harus dimulai dengan pendahuluan dan diakhiri dengan kesimpulan. Diantara pendahuluan dan kesimpulan, ada tiga seksi (3 bagian) yang dinamakan metode / cara-cara yang digunakan, hasil dan pembahasan (diskusi). Ketiga-tiga bagian (seksi) ini dapat meliputi sekitar tujuh puluh sampai sembilan puluh persen (70% – 90%) dari total keseluruhan laporan yang telah Anda susun.

Seluruh lima seksi/bagian (kelima-lima seksi/bagian) biasanya diberi nama, dan isinya serta coraknya menjadikan hal tersebut dengan mudah dapat dikenali. Walaupun Anda harus mengikuti petunjuk tugas secara teliti. Pedoman berikut tentang lima bagian tersebut mungkin sangat bermanfaat bagi Anda.

1. Pendahuluan.

Pada pendahuluan, Anda menjelaskan / menyampaikan latar belakang dan pengetahuan dasar (informasi) secara umum yang dengan itu berguna dan mudah bagi pembaca untuk membaca bagian pokok dari laporan Anda.

Secara umum, pendahuluan laporan harus mencakup:

o Menjelaskan latar belakang yang sesuai dari apa-apa yang anda paparkan;

o Menyatukan masalah-masalah / problem-problem dan pertanyaan-pertanyaan yang anda teliti dan lakukan; dan

o Memaparkan / menggambarkan pentingnya hal yang dilakukan.

2. Metode-metode.

Bagian ini, memberikan gambaran yang menyeluruh prosedur / urutan langkah-langkah yang telah Anda gunakan. Dalam hal ini, Anda harus:

o Memberikan secara rinci bahan/pokok-pokok bahasan, perlengkapan, dan atau peralatan yang anda gunakan, dan

o Memaparkan/menggambarkan masing-masing langkah yang diambil dalam Anda melakukan pekerjaan/tugas tersebut.

Jika Anda memiliki/menemukan beberapa perbedaan/kesulitan apapun selama melakukan kegiatan tersebut, berilah gambaran (gambarkan) dalam bagian ini.

3. Hasil

Dalam bagian hasil, Anda menyajikan/menjelaskan secara rinci temuan-temuan yang didapat dengan problem (masalah) dan persoalan yang harus dipelajari/teliti. Ketepatan dan kejelasan/kejujuran adalah faktor utama, walaupun nantinya didapatkan hasil yang tidak diharapkan, harus dilaporkan juga.

Melalui bagian ini, Anda perlu untuk:

o Memaparkan pengamatan dan hasil temuan anda secara masuk akal/dirinci sehingga dapat di mengerti, dan

o Menarik perhatian pembaca Anda, dengan menunjukkan sesuatu yang luar biasa dari tulisan Anda.

4. Pembahasan/Diskusi.

Dalam bagian pembahasan/diskusi, Anda mengkaitkan hal-hal pokok dari informasi yang anda sajikan dan upaya/berusaha memecahkan masalah-masalah atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda.

Untuk mencapai ini, Anda harus:

· Menginterprestasikan/mengartikan hasil-hasil dalam kaitannya dengan pertanyaan-pertanyaan atau masalah-masalah / problem-problem yang dipelajari dan kesulitan-kesulitan yang dialami

· Tanggapan/pendapat atas kesesuaian dan keabsahan/kebenaran dari metode-metode yang digunakan terhadap hasil yang dicapai dan kesulitan-kesulitan yang ditemukan selama proses penulisan.

· Membahas bagaimana dapat diterapkan suatu persaman persepsi/pandangan dari berbagai sumber dapat diperoleh.

5. Kesimpulan.

Bagian kesimpulan dari laporan anda harus menyakinkan pembaca anda bahwa kegiatan yang dipaparkan dalam laporan telah lengkap sebagaimana mestinya dan anda mengetahui apa yang telah dicapai tugas yang dilaporkan dan apa langkah berikutnya yang harus dipilih.

Pada kesimpulan laporan, Anda boleh:

o Meringkas pengamatan dan temuan-temuan utama.

o Menyimpulkan prestasi yang telah dibuat dan perbedaan yang ditemui; dan

o Memberikan saran dan pendapat untuk penelitian lebih lanjut dalam kaitan/ berhubungan dengan pekerjaan Anda.