Strategi Perencanaan Bisnis

Sebuah Rencana Bisnis adalah deskripsi tentang apa bisnis adalah atau akan dan bagaimana hal itu akan dijalankan. Rencana Bisnis baik digunakan untuk memberikan panduan untuk menjalankan bisnis yang ada atau untuk meminta dukungan keuangan untuk bisnis baru. Hal ini penting bagi Anda untuk menentukan mana yang adalah tujuan Anda saat menulis Rencana Bisnis.

Jika tujuan Anda adalah untuk memberikan panduan untuk menjalankan bisnis yang ada, tujuan Anda adalah untuk proyek di mana bisnis akan. Jenis rencana memungkinkan sebuah bisnis tidak hanya untuk mengarahkan saja mereka, tetapi juga untuk membandingkan kinerja aktual dengan rencana diproyeksikan dan melakukan koreksi yang diperlukan.

Jenis perencanaan melibatkan perencanaan strategis yang luas (umumnya selama periode lima tahun), perencanaan operasional jangka pendek (biasanya untuk jangka waktu satu tahun), anggaran (triwulan), dan peramalan (bulanan, kuartalan, atau tahunan). Tergantung pada ukuran bisnis dan persyaratan penugasan, Rencana Bisnis Anda hanya dapat mencakup beberapa bidang, seperti perencanaan strategis dan operasional.

Jika tujuan Anda adalah untuk mengamankan dana untuk sebuah bisnis baru, tujuan Anda adalah untuk menggambarkan misi dan strategis perusahaan metode untuk mencapai misi itu. Ini mencakup aspek perencanaan dibahas di atas seperti perencanaan strategis dan operasional. Namun, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi apa jenis dukungan keuangan yang Anda cari dan siapa audiens Anda akan karena ini mempengaruhi penekanan rencana itu. Jika audiens Anda adalah perusahaan modal ventura atau investor ekuitas lainnya, Rencana Bisnis Anda harus menekankan laba atas investasi mereka ketika bisnis berkinerja baik. Di sisi lain, jika audiens Anda adalah pemberi pinjaman bank atau investor utang lainnya, Rencana Bisnis Anda harus menekankan bagaimana pinjaman dilindungi dalam hal melakukan bisnis hanya cukup atau gagal. Lender seringkali memerlukan agunan dan ingin melihat perkiraan arus kas yang stabil diperlukan untuk membayar bunga dan prinsip pada pinjaman.

Untuk tujuan baik, Rencana Bisnis terdiri dari kedua deskripsi tertulis dan laporan keuangan tentang organisasi. Rencana Bisnis yang efektif mencakup informasi tentang produk, pasar, karyawan, teknologi, fasilitas, modal, pendapatan, profitabilitas, dan isu-isu lain yang relevan dengan bisnis.

Ketika mempersiapkan Rencana Bisnis, fokus Anda harus pada meyakinkan pembaca bahwa ada pasar untuk produk, manajemen yang berkualitas organisasi, dan ramalan menjamin kinerja keuangan yang kuat.