Bursa Saham: Pasar Saham Asia Muram

Perdagangan saham Asia pada Senin pagi ini (3/9/2011), dibuka turun tajam. Para investor memulai kuartal baru pada tahun 2011 dengan menjual sahamnya besar-besaran.

Pasar saham di Jepang paling terpukul dalam perdagangan pagi ini. Pasar saham regional tetap lesu apalagi setelah Wall Street turun tajam pada perdagangan Jumat lalu. Pengumuman dari pemerintah Yunani bahwa mereka gagal memenuhi target defisitnya juga menambah kekhawatiran tentang Eropa.

Pasar saham di AS dan banyak pasar saham di Asia mengalami masa buruknya pada kuartal ketiga ini. Para investor khawatir terjadi resesi ganda pada perekonomian global karena krisis utang di Eropa dan prospek pertumbuhan AS yang suram.

“Keadaan ini jauh dari janji yang diucapkan para pengambil keputusan bahwa mereka akan dapat mengatasi masalah pada kuartal terakhir tahun ini,” kara Sharon Zolliner ekonom senior pada Bank ANZ di Wellington.

Indeks Nikkei Jepang pagi ini sudah turun 2 persen, indeks S&P Australia turun 2,1 persen dan indeks Selandia baru turun 0,9 persen. Pasar di Korea tutup.s Kurs euro melemah terhadap dollar AS karena para investor khawatir lambannya kemajuan yang dibuat oleh para pejabat Eropa untuk mengatasi krisis utang Yunani.