Festival Moon Cake 2011 di Museum Bank Mandiri DKI

Festival Moon Cake 2011 DKI jakarta.
Festival Jakarta Moon Cake 2011 berlangsung meriah di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Sabtu (24/9/2011). Festival kue bulan yang merupakan kue khas warga Tionghoa ini berlangsung dua hari hingga Minggu (25/9/2011).

Ketua Umum Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia yang menjadi panitia acara, Andrew Susanto mengatakan,” acara tersebut sebagai itikad baik dalam melestarikan budaya i Indonesia” saat membuka acara tersebut.

Pembukaan acara dimeriahkan oleh penampilan tari Ronggeng dari sanggar tari Elania serta diskusi mengenai pelestarian bangunan bersejarah.

Moon Cake atau kue bulan merupakan wujud perlambangan rasa syukur atas rezeki yang diterima selama setahun yang diberikan oleh yang maha kuasa serta untuk mempererat hubungan antar manusia sebagaimana yang ditegaskan oleh Adrian yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia saat mempresentasikan latar belakang sejarah kue bulan.

Perayaan kue bulan atau juga dikenal dengan valentinnya orang China jatuh pada tanggal 12 September atau pada bulan 8 tanggal 15 imlek menurut kalender China dimana pada saat itu bulan purnama muncul dengan sangat indah.

Acara yang didukung oleh sejumlah komunitas seperti Komunitas Sekitar Kita, Komunitas Pencinta Fotografi, Komunitas Love Our Heritage, serta Fakultas Sastra Cina Universitas Indonesia ini menampilkan beragam kegiatan seperti pameran foto budaya Tionghoa, pertunjukan Barongsai dan Liong, pertunjukan musik dan pemutaran film serta yang tidak kalah pentingnya adalah wisata kuliner kue bulan.Acara tersebut memberi banyak pengetahuan tentang budaya Tionghoa melalui Kue Bulan.