Kelapa muda Meningkatkan aset Se-jumlah usaha kecil

Pohon kelapa merupakan tanaman yang multiguna. Dari batang, daun, hingga buahnya, semuanya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Anda tinggal memilih, potensi usaha apa yang ingin Anda kembangkan dari pohon kelapa.

Sebagaimana usaha yang dikembangkan oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Trisakti, mereka menciptakan bahan bakar yang berasal dari buah kelapa sebagai pengganti bahan bakar solar. Energi alternatif yang mereka kembangkan tersebut diberi nama biodiesel super atau water coco fuel. Minyak jelantah yang diperoleh dari minyak kelapa ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Berdasarkan hasil uji coba, bahan bakar tersebut selain ramah lingkungan sekaligus merupakan sumber energi yang bisa diperbarui.

Manfaat lain dari pohon kelapa yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha adalah daging buahnya. Daging buah kelapa yang masih muda sangat digemari masyarakat karena bisa dijadikan minuman segar es kelapa muda. Sedangkan daging buahnya yang sudah tua biasa diambil santannya untuk mengolah masakan. Jika santan tersebut diolah lebih lanjut, maka akan dihasilkan minyak kelapa yang biasa digunakan untuk menggoreng aneka jenis makanan. Termasuk pula Virgin Coconut Oil (VCO). VCO memang tidak digunakan sebagai minyak goreng, tapi biasa dipakai untuk kosmetik dan perawatan kecantikan. Adapun ampas sisa perasan santan kelapa, masih bisa diolah lagi menjadi makanan tradisional semisal galendo, makanan khas Ciamis.

Selanjutnya batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuat arang. Bahkan bisa dikreasikan lagi menjadi berbagai jenis aneka kerajinan yang menarik. Sedangkan kulit buahnya digunakan untuk bahan bakar, sapu rumah, dan kemucing. Demikian pula dengan lidinya biasa dijadikan sapu lidi untuk halaman rumah.

Batang kelapa bisa dipakai sebagai tiang maupun jeruji atap rumah. Bahkan sekarang bisa pula dijadikan sebagai kusen pintu dan jendela. Kulit, dahan, dan akarnya bisa dijadikan sebagai bahan bakar. Adapun daunnya yang masih muda (janur) biasa dipakai sebagai bahan hiasan dalam pesta pernikahan maupun khitanan. Bisa juga digunakan untuk membuat ketupat.

Anda bisa mengurai lagi berbagai manfaat yang bisa diambil dari pohon kelapa. Yang jelas berbagai manfaat tersebut jika dicermati akan memberikan peluang usaha yang terbuka lebar bagi siapa saja. Anda tinggal memilih, jenis usaha apa yang ingin Anda kembangkan dari potensi yang dimiliki oleh pohon kelapa. Pastinya, segala potensi yang dimiliki oleh pohon kelapa sangat diperlukan untuk melengkapi kebutuhan hidup manusia.