Mobil:S-Class Masa Depan yang Memukau


Mobil:S-Class.Otomotif.Jelang beberapa jam dibukanya pameran Frankfurt Motor Show ke-64, hari ini (13/9) untuk wartawan, Mercedes-Benz melakukan gladi resik prosesi launching terhadap produk andalannya F125. Mobil konsep masa depan dari S-Class yang mempunyai bentuk memukau dengan tampilan futuristis dan sarat teknologi ramah lingkungan, zero emission. Diklaim penggunaan bahan bakar per-liter mampu menempuh 44 km.

Beberapa ornamen eksterior seperti gril dan tarikan garis samping pada F125 akan diaplikasi pada S-Class, CL, dan S-Class Coupe yang muncul 2013.

Sebagai perbandingan, dimensi F125 lebih pendek 97 mm, melebar 110 mm dan kian rendah 50 mm dari produk short-wheelbase yang beredar saat ini. Terjadi perubahan jarak sumbu roda yang lebih panjang bahkan dari varian long-wheelbase. Overhang yang lebih pendek menjadikan mobil model pintu sayap burung camar ini tak lebih panjang. Secara bobot, mobil yang menggunakan pelek 23 inci lebih ringan 135 kg.

Tenaga yang dihasilkan merupakan suplai dari teknologi fuel cell yang menggunakan hydrogen. Tenaga listrik yang tercipta digunakan untuk mengaktifkan 4 elektrik motor. Semburan tenaga yang dihasilkan cukup dahsyat dan diklaim mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam hanya 4,2 detik. Pencapaian waktu tersebut bahkan lebih cepat dibanding mesin 5,5-liter V12 yang digunakan S600.

Konsumsi hydrogen yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan 100 km hanya 0,79 kg atau setara dengan hasil 44 km/liter mesin diesel.

“Dengan F125 kami ingin menampilkan sebuah mobil saloon yang mewah, lapang, nyaman, safety dan ramah lingkungan seperti apa yang menjadi cita-cita Mercedes Benz,” ujar Thomas Weber, Head of Research & Development.

Untuk mendapatkan pusat titik berat yang tepat sebagai penunjang stabilitas, tangki hydrogen didesain secara khusus untuk dapat disimpan di bawah lantai. Dan keempat motor elektrik disebar pada tiap sudut mobil sehingga secara tidak langsung pula F125 memiliki sistem penggerak empat roda.