Otomotif:Mobil Listrik Kreasi Mahasiswa Jerman

MUTE, mobil listrik kreasi mahasiswa Universitas Teknik Munich, Jerman.

Jerman masih menjadi acuan industri permesinan dunia, tak terkecuali otomotif. Kini, menjelang Frankfurt Motor Show, 15-25 September 2011, mahasiswa dari Universitas Teknik Munich (TUM) di Jerman akan memamerkan MUTE, mobil listrik ciptaan mereka.

Seperti dikutip worldcarfans, Kamis (14/7/2011), mobil yang desainnya mirip Mitsubishi ASX ini hanya berbobot 500 kg dan dibekali motor listrik bertenaga 22 PS untuk menggerakkan roda belakang. Akselerasi MUTE 0-60 km per jam tercatat 6,8 detik dan menyentuh kecepatan tertinggi 120 km per jam. Asupan energi listrik diperoleh dari baterai lithium-ion 10 kWH.

“Bobot ringan menjadi sangat penting bagi kendaraan listrik. Kalau beban lebih banyak, tentu butuh kapasitas baterai lebih besar dan akibatnya biaya lebih tinggi. Tujuan kami adalah menciptakan mobil yang ramah lingkungan, tetapi punya harga terjangkau dan enak dikendarai,” ujar Profesor Markus Lienkamp, Ketua Jurusan Teknologi Otomotif TUM.

Belum ada info lanjutan apakah mobil konsep ini diproduksi massal atau sudah ditawarkan kepada produsen-produsen mobil di Jerman.