Peluang Bisnis Burung puyuh

Menekuni bisnis budidaya burung puyuh memang sangat menjanjikan. Terbukti di daerah Jombang, Jawa Timur, banyak peternak yang  memperoleh untung besar dalam ternak burung mungil yang biasa di sebut burung “Gemak” (bahasa Jawa).

Burung puyuh adalah burung mungil yang memiliki nama asing “Quail”, merupakan bangsa burung liar yang pertama kali di temukan dan dibudidayakan di Amerika Serikat. Burung puyuh pun akhirnya bisa dikembangkan ke seluruh dunia. Mengingat cara perawatan mudah, potensi bertelur yang bisa mencapai 300-400 per tahun, dan daging yang lezat jika burung sudah diapkirkan (sekitar umur 3 tahunan). Sedangkan masa panen yang singkat yaitu hanya 6 minggu setelah dibudidayakan membuat banyak orang tergiur untuk mencoba peruntungan di bidang ternak burung.

Permintaan telur dan daging puyuh cukup tinggi, serta harga yang stabil diyakini sebagai salah satu daya tarik lain dari ternak unggas ini. Sehingga sebagian masyarakat akhirnya menjatuhkan pilihan  untuk membudidayakan burung puyuh secara serius. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan burung puyuh, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini.

Lokasi peternakan

Hal yang paling utama perlu Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi peternakan burung puyuh. Usahakan jauh dari rumah penduduk, sehingga bau dan suara bising dari burung puyuh tidak mengganggu masyarakat. Disamping itu lokasi ternak burung puyuh tidak boleh bising, untuk menghindari burung puyuh dari rasa stress. Perhatikan suhu udara yang setidaknya berkisar antara 20-28 C, dengan kelembapan berkisar 30-80 %.

Perkandangan

Hal kedua adalah Anda menyiapkan kandang yang sesuai dengan standar budidaya burung puyuh. Bisa kandang dengan model baterai (sangkar) atau bisa juga dengan model litter (menggunakan lantai sekam). Kebersihan dan perawatan kandang perlu diperhatikan agar burung puyuh tidak rentan terkena penyakit. Berikan desinfektan terlebih dahulu sebelum kandang ditempati. Jika Kandang Anda adalah litter, maka rajinlah mengganti sekam.

Vaksinasi

Berikan vaksinasi awal pada DOB (Day Old Bird) puyuh ketika berumur empat hari, agar kebal terhadap serangan penyakit.

Ransum

Pemberian ransum tergantung dari jenis umur burung puyuh. Usahakan memberikan makanan bergizi dan tinggi protein, untuk merangsang kemampuan burung puyuh dalam bertelur. Berikan ransum di luar dari luar kandang, agar kandang terjaga dari kotor.

Panen

Hasil panen burung puyuh adalah berupa telur yang jumlahnya berkisar ratusan hingga ribuan tergantung seberapa banyak ternak puyuh yang Anda hasilkan. Untuk mendapatkan daging puyuh, biasanya adalah burung puyuh yang sudah diapkir dan berumur lebih dari 3 tahun.