Penumpang Pesawat Cathay pacific Grup Meningkat

Kinerja keuangan Cathay Pacific Airways yang merupakan laporan gabungan dari Cathay Pacific dan Dragonair untuk periode Agustus 2011 menunjukkan peningkatan dalam jumlah penumpang dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, juga terjadi peningkatan dalam kapasitas.General Manager Revenue Management Cathay Pacific James Tong mengemukakan, lalu lintas penumpang di puncak musim panas tetap kuat dan mengalami peningkatan dalam permintaan, diukur dalam pendapatan penumpang kilometer (RPK) yang sejalan dengan pertumbuhan kapasitas.

”Kami terus melihat kinerja yang kuat di wilayah tersebut, khususnya dari Asia Tenggara, Korea Selatan, dan kota-kota sekunder di China meskipun permintaan di Timur Tengah tetap lemah. Lalu lintas penumpang premium kami terus memiliki kinerja yang kuat dan kami mengharapkan pertumbuhan yang baik, baik dari segi volume maupun hasil,” tutur Tong, Senin (19/9/2011).

Cathay Pacific juga menyebutkan, jumlah tonase kargo dan surat menunjukkan penurunan dibandingkan bulan yang sama tahun 2010.

Cathay Pacific dan Dragonair membawa penumpang sebanyak 2.510.507 bulan lalu atau naik 3,6 persen dibandingkan pada bulan yang sama tahun lalu, sementara load factor penumpang turun 0,2 poin persentase menjadi 84,2 persen. Kapasitas per bulan yang diukur dalam kursi yang tersedia per kilometer (ASKs) naik sebesar 7,0 persen.

Hingga saat ini, jumlah penumpang dibawa meningkat 2 persen, sedangkan kapasitas naik sebesar 9,1 persen.

Kedua maskapai telah membawa 131.448 ton kargo dan surat pada bulan Agustus, turun sebesar 11,8 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu, sedangkan load factor untuk kargo dan surat turun 7,8 poin persentase menjadi 64,9 persen.

Kapasitas, diukur dalam kargo/surat yang tersedia per kilometer ton, naik sebesar 1 persen, sedangkan kargo dan surat per ton yang diterbangkan turun sebesar 9,7 persen.