Usaha Mandiri Laundry Melaju Pesat

Gaya hidup metropolis membuat sebagian besar masyarakat di perkotaan memiliki aktivitas yang cukup padat di luar rumah. Tak mengherankan jika mereka hanya menyisakan sedikit waktu untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah. Urusan mencuci pakaian adalah salah satunya. Mencuci pakaian merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang. Hanya saja untuk mengerjakan aktivitas tersebut memang tidak harus dikerjakan sendiri. Jika Anda punya pembantu di rumah, maka tinggal menyerahkan urusan tersebut kepada mereka. Tetapi jika Anda seorang pelaku bisnis yang super sibuk dan masih single, sangat memungkinkan Anda tidak sempat lagi mengerjakan sendiri urusan mencuci dan menjadikan laundry sebagai pilihan yang tepat untuk menyelesaikannya.

Usaha laundry ternyata tidak hanya berprospek di daerah perkotaan saja. Terbukti dengan padatnya aktivitas di kampus maupun daerah industri, para mahasiswa maupun karyawan pabrik juga sering kali mempercayakan urusan mencuci pakaian kepada jasa laundry. Segmen pasar yang masih terbuka luas inilah yang menjadikan usaha laundry saat ini telah dikembangkan dalam bentuk waralaba.

Wasree adalah salah satu penyedia jasa laundry yang menjalankan bisnis ini dengan konsep waralaba. Wasree yang didirikan oleh PT. Apelindo Lintas Cakrawala di Surabaya ini baru didirikan pada bulan Januari lalu. Dengan menawarkan sistim wet cleaning, Wasree berusaha menjaring konsumen bisnisnya yang berasal dari kalangan menengah ke atas. Sistim wet cleaning atau biasa disebut dengan istilah green cleansing dikenal ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia sebagaimana sistim dry cleaning. Untuk menonjolkan konsep ramah lingkungan tersebut, Wasree juga menggunakan mesin cuci, deterjen, dan conditioner yang ramah lingkungan pula.

Menurut Herry Eko Prasetyo, pemilik Wasree, kunci sukses sistim wet cleaning dalam waralaba bisnisnya yakni terletak pada pengetahuan operator terhadap segala jenis kain. Selain itu, pihaknya juga menerapkan motto wash and care. Yakni menerapkan keamanan dalam mencuci. Semua cucian pelanggan diperlakukan dengan penuh kepedulian sebagaimana milik sendiri.

Selain pakaian, Wasree juga melayani jenis pencucian selimut, badcover, dan juga karpet. Tarif yang ditawarkan juga bervariasi. Dari Rp. 8000 hingga Rp. 25.000 per helainya. Omzet yang dicapainya juga sudah lumayan. Per bulannya bisa mencapai Rp. 15 juta.

Menurut pengamat waralaba Erwin Halim, bisnis laundry sebagaimana yang dijalankan Wasree masih berprospek cerah. Bagi Anda yang tertarik bisnis ini, ada baiknya Anda menawarkan layanan yang memiliki keunikan tersendiri. Selain itu perlu didukung adanya promosi yang baik. Dan yang tidak kalah pentingnya, pemilihan lokasi yang strategis juga perlu diperhitungkan. Misalnya di daerah kos mahasiswa, perkantoran,maupun perumahan elit.